Konten Pilar

[Full Guide] 6 Tahap Membangun Dapur Minimalis Modern

Banyak orang bingung saat membangun dapur minimalis modern, baik saat memilih desain hingga menentukan produk yang sesuai. Padahal kesalahan dalam membangun dapur minimalis dapat berakibat fatal. Selain mengganggu estetika, hal ini juga dapat mengganggu fungsi dapur itu sendiri. Desain, material, hingga instalasi, semua harus benar-benar diperhatikan

Kami memahami bahwa bahasan terkait hal ini sebenarnya tidak begitu banyak. Karena itu, tenaga ahli akan sangat dibutuhkan dalam proses perancangan.

Artikel ini kami buat untuk membuka pemahaman Anda tentang pilihan-pilihan dan tips -tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun dapur minimalis. Anda akan memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan selama proses perencanaan desain.

Ingin membaca panduan ini nanti? Download PDF panduan ini Gratis!

Tidak Punya Waktu Membaca Full Guide Sekarang?

Jangan khawatir, download E-Book dibawah ini

Bagian 1 | Mendesain Dapur Minimalis Modern yang Nyaman

A. Makna Dapur Modern yang Perlu Dipahami

Dapur minimalis modern adalah gaya dapur yang menggabungkan desain minimalis dengan peralatan modern. Secara desain memang terlihat simpel dengan pemilihan warna yang netral. Peralatan masak yang digunakan umumnya juga hemat ruang. Desain yang terbuka juga sering digunakan untuk memberikan kesan yang lebih luas.

 


 

B. 8 Karakteristik Dapur Minimalis Modern

Dapur Minimalis tentu memiliki karakteristik tersendiri yang unik. Berikut 8 karakteristik dapur minimalis yang dapat Anda terapkan di tempat tinggal.

1. Flat-panel

Banyak dapur modern yang menggunakan pintu bergaya flat-panel. Karena kesan yang sederhana dan elegan, pintu model ini terlihat menyatu dengan dapur bergaya minimalis &  modern.

2. Frameless

Sentuhan kabinet bergaya frameless memiliki desain yang ramping dan hemat tempat. Hal ini sangat sejalan dengan konsep dapur minimalis yang simpel.

3. Peralatan Sederhana

Dapur bergaya minimalis dan modern identik dengan peralatan yang sederhana. Peralatan yang dipilih lebih berfokus pada aspek fungsionalitas.

4. Minim Ornamen

Polos tanpa ornamen. Gaya dapur minimalis memang sesimpel itu. Semua furniture yang digunakan dibuat polos dengan warna-warna netral.

5. Menonjolkan Keindahan Material

Alih-alih keindahan dari ornamen, dapur modern lebih menonjolkan keindahan material yang digunakan.

6. Penekanan pada Garis Horizontal

Dapur minimalis dan modern memiliki kecenderungan penekanan pada garis horizontal. Hal ini biasanya dapat dilihat dari furniture yang digunakan.

7. Desain Konsisten

Desain dapur minimalis cenderung konsisten dan tidak banyak variasi. Meski demikian, bukan berarti desain seperti ini terlihat membosankan.

8. Elemen Industrial

Ada korelasi kuat antara gaya minimalis dengan industrial. Karena itu, desain dapur minimalis seringkali juga mengusung beberapa elemen industrial di dalamnya.

 


 

C. 5 Komponen Dapur Minimalis Modern

Selain karakteristik, dapur minimalis juga memiliki beberapa komponen pendukung yang dapat membuat betah si pemilik. Berikut 5 komponen untuk dapur minimalis berkonsep modern Anda di rumah.

1. Top Table Kitchen

Top table kitchen merupakan meja yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk menyiapkan makanan, mencuci bahan makanan, atau bahkan sebagai tempat untuk makan. Karena kemudahan dan kesan yang elegan yang ditawarkan, meja ini kerap digunakan pada dapur minimalis dan modern.

2. Kabinet

Rak penyimpanan atau kabinetbiasa digunakan untuk menyimpan peralatan masak, bahan makanan atau peralatan makan. Kabinet ini biasanya terbuat dari kayu atau bahan lain yang kuat dan tahan lama.

4. Lighting

Dapur minimalis dan modern identik dengan penerangan yang baik. Setiap sudut harus mendapatkan penerangan yang cukup untuk memudahkan pekerjaan dan menyiapkan makanan.

5. Island

Kitchen island biasanya terletak di tengah-tengah dapur dan dapat digunakan untuk menyiapkan makanan, mencuci bahan makanan atau bahkan makan. Karena sangat versatile, kitchen island kerap diadopsi pada dapur minimalis.

6. Backsplash

Backsplash merupakan bagian dari dinding yang umumnya terletak di belakang dapur. Komponen ini berfungsi untuk melindungi dinding dari kotoran, minyak ataupun cipratan air saat memasak.

 


 

Bagian 2 | Merancang Dapur Minimalis Modern

A. Konsep Top Table Dapur Minimalis Modern

1. Memahami Top Table Kitchen

Top table kitchen adalah meja yang digunakan sebagai tempat untuk menyiapkan makanan dan mencuci bahan makanan. Seringkali top table ini dilengkapi dengan keran atau sink untuk mencuci bahan makanan atau peralatan masak. Top table kitchen terkadang juga dilengkapi dengan pendingin atau oven, dan dapat digabungkan dengan bar counter.

2. Dimensi Top Table Kitchen

Dimensi dari top table kitchen bisa bervariasi tergantung dari desain dapur minimalis itu sendiri. Meski demikian, ukurannya harus bisa mencakup area kerja di dapur, seperti area kompor, oven dan sink.

3. Kelengkapan Top Table Kitchen

Bergantung pada kebutuhan pengguna, kelengkapan top table kitchen bisa sangat bervariasi. Namun sebagai gambaran, top table kitchen biasanya dilengkapi dengan sink, keran, peralatan masak, rak, pendingin, oven sampai bar counter.

 


 

B. Contoh Desain Top Table Kitchen

1. Glass View Kitchen

Desain top table kitchen ini banyak menggunakan komponen kaca. Desain seperti ini memberi akses untuk melihat pemandangan di luar sekaligus memudahkan cahaya masuk ke dapur.

2. Stone Focus

Desain dapur minimalis yang satu ini berfokus pada penggunaan elemen batu, khususnya pada komponen dapur yang terlihat dominan.

3. Mix Materials

Desain dapur mix materials mencampurkan beberapa material yang unik. Dengan penggunaan material yang lebih bervariasi, dapur minimalis  dan modern jadi terlihat lebih berkarakter.

4. Wood Style

Komponen kayu pada desain yang satu ini terlihat dominan. Dapur jadi terkesan hangat dan dekat dengan alam.

5. Concrete Style

Elemen concrete khas gaya industrial juga cocok untuk desain dapur minimalis dan modern. Concrete yang tidak mendapat sentuhan akhir membuat dapur terkesan lebih dingin.

6. Modern Style

Desain top table kitchen yang satu ini terlihat modern dengan komponen-komponen yang terkesan minimalis dan praktis.

 


 

C. Konsep Kabinet Dapur Minimalis Modern

1. Memahami Kabinet Dapur Minimalis Modern

Kabinet dapur minimalis & modern merupakan jenis kabinet yang biasa digunakan pada dapur bergaya minimalis. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk menyimpan peralatan dapur hingga makanan. Desainnya simpel dan berfokus pada fungsi. Biasanya, kabinet dapur minimalis dibuat dari kayu atau bahan lain yang kuat dan solid.

2. Dimensi Kabinet

Dimensi kabinet untuk dapur minimalis dan modern biasanya disesuaikan dengan ukuran dapur dan kebutuhan pengguna. Jika memang ada banyak barang yang perlu disimpan, Anda mungkin membutuhkan kabinet berdimensi besar.

3. Contoh Desain Kabinet

Desain dapur kabinet minimalis dan modern harus memenuhi unsur desain yang simpel, fungsional namun tetap terlihat menarik. Berikut beberapa contoh desain kabinet berikut ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

 


 

D. Konsep Backsplash Dapur Minimalis Modern

1. Memahami Backsplash Kithcen Set

Backsplash merupakan bagian dinding yang terletak di belakang dapur atau meja dapur. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi dinding dari kotoran, minyak atau cipratan air saat memasak.

Biasanya backsplash dibuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat backsplash diantaranya adalah keramik, kaca dan bahan komposit.

2. Jenis- Jenis Backsplash

Ada berbagai jenis backsplash yang biasa digunakan. Beberapa diantaranya adalah backsplash keramik, kaca, granit, marmer, stainless steel, batu alam dan porselen.


 

E. Layout Dapur Minimalis Modern

1. One Wall

Pada layout one wall, countertop atau meja dapur hanya terletak di satu sisi dinding dapur. Layout ini sering digunakan pada dapur minimalis dan modern yang memiliki ruang terbatas.

2. Galley

Layout galley merupakan tipe layout dapur di mana countertop atau meja dapur diletakkan di sisi-sisi yang berlawanan dari dapur. Layout ini biasanya digunakan pada dapur yang lebih panjang dan sempit.

3. L Shape

Bentuk layout ini menyerupai huruf L. Karena bentuk yang seperti ini, area kerja dapur minimalis dan modern jadi lebih efisien.

4. U Shape

Layout dapur yang satu ini berbentuk menyerupai huruf U. Karena memakan banyak tempat, layout ini lebih cocok untuk dapur minimalis dan modern yang luas.

5. Classic Work Triangle

Layout ini didasarkan pada konsep kerja segitiga klasik. Bentuk segitiga pada layout classic work triangle dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan saat menyiapkan makanan.

6. The Island Kitchen

Desain layout ini memerlukan area yang cukup luas karena adanya penambahan meja island di tengahnya. Meja island ini sangat multifungsi. Anda bisa manfaatkan area bawahnya sebagai tempat penyimpanan tambahan, permukaan mejanya bisa untuk meja bar, meja penyajian makanan, hingga area pajang dekorasi.

 


 

Bagian 3 | Tips Membangun Dapur Minimalis Modern

A. 8 Tips Sederhana Ciptakan Dapur Minimalis Modern

1. Garis Horizontal

Untuk menciptakan dapur minimalis dan modern, gunakan prinsip garis horizontal. Gunakan kabinet yang panjang dan lebar dengan aksen  Design Kitchen Cabinet. Desain kitchen cabinet untuk dapur minimalis sebaiknya dibuat minimalis dan flat. Untuk menambah daya tarik, gunakan bahan yang atraktif. Misalnya seperti kayu berkualitas tinggi.

2. Tema Monokrom

Batasi penggunaan warna pada desain dapur minimalis dan modern. Untuk yang satu ini, tema monokrom bisa menjadi bahan inspirasi.

3. Detail Minimalis

Ornamen sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, gunakan motif bahan kabinet atau countertop itu sendiri.

4. Material dari Alam

Agar terlihat lebih atraktif, komponen dapur seperti kabinet, countertop atau komponen lainnya sebaiknya dibuat dari material yang berasal dari alam. Misalnya saja seperti kayu, batu atau marmer.

5. Hardware Sederhana

Inti dari dapur minimalis dan modern adalah kesederhanaan. Karena itu, Anda bisa menggunakan hardware yang desainnya sederhana dan fungsional.

6. Konsistensi Warna

Batasi penggunaan warna dan konsisten pada warna tersebut. Biasanya, dapur minimalis dan modern lebih banyak menggunakan warna-warna netral.

7. Tambahkan Sedikit Konsep Industrial

Dapur minimalis dan konsep industrial sebenarnya punya banyak keterkaitan. Dengan menambahkan konsep industrial, dapur akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.


 

B. 5 Tips Menentukan Warna Dapur Minimalis Modern

1. Pengaturan Kontras

Menarik namun fungsional. Karena itu jika ingin membuat dapur minimalis dan modern, perhatikan kontrasnya.

2. Keseimbangan Warna

Anda bisa menggunakan beberapa warna untuk diaplikasikan. Meski demikian, batasi jumlahnya dan pastikan warna-warna tersebut seimbang.

3. Psychology Warna

Setiap warna memancarkan kesan berbeda. Untuk itu, perhatikan psychology warna di baliknya sebelum memutuskan menggunakan warna tertentu.

4. Gunakan Color Wheel

Untuk membantu menemukan palet warna atau komposisi warna yang tepat, Anda bisa menggunakan color wheel.

5. Saturasi Warna

Perhatikan saturasi warna dapur minimalis dan modern. Saturasi warna yang tepat dapat membuat dapur terlihat lebih hidup atau lebih tenang.


 

C. Perlukah Menggunakan Tenaga Ahli?

Menggunakan tenaga ahli dalam membangun dapur minimalis dan modern mungkin diperlukan jika Anda ingin memastikan bahwa dapur tersebut terlihat seperti yang diinginkan. Tenaga ahli dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi dapur. Jika ada masalah selama proses pembangunan, tenaga ahli juga bisa memberi saran yang diperlukan.

 


 

D. Pertimbangan Menentukan Brand untuk Kithcen Set

1. Sesuai dengan Kebutuhan

Apa yang Anda butuhkan untuk membangun dapur minimalis yang sesuai dengan keinginan? Saat menentukan brand dapur, pastikan untuk selalu memulainya dari sini.

2. Kualitas Brand

Brand terkenal biasanya memiliki citra yang lebih meyakinkan. Secara kualitas produk, tidak ada yang perlu diragukan.

3. Visual Produk

Tampilan produk itu penting. Jadi selain fungsional, pastikan produk yang dipilih punya visual yang menarik dan sesuai tema dapur.

4. Customer Service

Pertimbangkan layanan pelanggan. Jadi jika Anda punya masalah dengan barang yang dibeli nanti, ada kontak yang bisa dihubungi dan bisa diandalkan.

5. Garansi

Perhatikan garansi yang ditawarkan. Jangan mau membeli produk apapun jika tidak ada garansinya, terlebih untuk produk-produk mahal seperti kabinet atau countertop.

 


 

E. Menyiapkan Anggaran Pembangunan Kitchen Set

1. Break-Down Kebutuhan Pengerjaan

Apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan dapur minimalis? Break down semua kebutuhannya. Dari sini Anda bisa mulai menyiapkan anggaran yang dibutuhkan.

2. List Prioritas Pengerjaan

Apa saja yang perlu dikerjakan nanti? Buat daftar prioritasnya dan mulailah dari pekerjaan yang paling fundamental.

3. Sisihkan Budget untuk Pengeluaran Tak Terduga

Sebagai langkah antisipasi, jangan lupa sisihkan budget ekstra. Jadi jika terjadi hal tak terduga, hal tersebut tidak akan banyak mempengaruhi proses pengerjaan nantinya.

4. Lakukan Pelunasan Berkala

Melunasi tagihan secara berkala dapat memudahkan manajemen keuangan dan membantu menghindari stres finansial. Karena itu, segera lunasi dan jangan ditunda-tunda.

 


 

Bagian 4 | Berkenalan dengan Brand Kitchen & Surfaces

A. Rekomendasi Produk Dapur Minimalis Modern Terbaik

1. Quadra

Quadra merupakan pionir dalam industri batu sinter di Indonesia. Brand yang satu ini terkenal akan produk surface buatannya yang berkualitas tinggi dan dipoles dengan baik.

2. Phomi

Phomi adalah pionir dalam pembuatan material dari tanah liat. Brand yang satu ini terkenal akan produknya yang ramah lingkungan. Phomi dapat digunakan untuk Entrance wall atau Hallway wall menuju area dapur.

3. Kohler

Kohler merupakan produsen kitchen tap dan sink. Selain terkenal akan kualitas produknya yang tinggi, produk dari brand Kohler juga dikenal inovatif.

4. Grohe (Kitchen Tap & Sink)

Grohe merupakan brand kenamaan yang dikenal akan produk kitchen tap dan sink. Produknya dikenal inovatif dan berkualitas tinggi.

5. Viridi

Viridi merupakan brand yang dikenal akan produk surface, dek komposit hingga screen cladding. Dengan range produk yang luas, produk-produk Viridi sangat tepat digunakan untuk wall cladding, ceiling, kisi/penyekat di area dapur. Namun tidak direkomendasikan untuk tabletop maupun backsplash.

6. Ecocarat

Ecocarat adalah keramik yang dibuat khusus untuk dinding interior. Bahan bakunya dari daur ulang abu vulkanik yang mengandung mineral Allophone, kandungan mineralnya membuat Ecocarat memiliki pori-pori mikro yang berfungsi menyerap polusi dan bakteri di udara, mengurangi bau tajam, sekaligus mengontrol kelembaban. Produk ini cocok untuk digunakan pada Entrance wall atau Hallway wall menuju area kitchen.


 

Bagian 5 | Belanja Material Kitchen & Surfaces

A. 4 Pilihan Material Dapur Minimalis Modern : Pros & Cons

1. Batu Alam

Batu alam dikenal akan kekuatannya. Secara visual juga terlihat unik. Meski demikian, perawatannya lebih menantang.

2. Quartz

Quartz terbilang punya ketahanan yang tinggi dan tahan panas. Warna dan motifnya juga bervariasi. Akan tetapi, harganya relatif tinggi. Untuk perawatan, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan dari tenaga profesional.

3. Sintered Stone

Sintered stone tidak gampang rusak serta punya banyak warna dan motif yang bebas dipilih. Meski demikian, harganya relatif tinggi dan proses pemasangannya juga cukup menantang.

4. Stainless Steel

Bahan stainless steel dikenal awet dan tahan korosi. Secara visual juga terkesan modern. Meski demikian, Anda perlu mewaspadai goresan pada permukaannya.

 


 

B. 4 Pertimbangan Memilih Material Kitchen Set

1. Tampilan

Perhatikan tampilan material dapur modern. Minimal, tampilannya harus terlihat menarik dan menyatu dengan komponen dapur lainnya.

2. Value

Pilihlah material yang secara nilai dan harga paling menarik. Jadi meski harganya mahal, setidaknya semua itu sepadan.

3. Mudah Dibersihkan

Cari material yang mudah dibersihkan. Jadi jika kotor, Anda tidak perlu disibukkan dengan pekerjaan ekstra.

4. Tahan Panas

Area dapur sering terpapar panas yang tinggi. Karena itu, pilihlah material dapur yang tahan terhadap panas.


 

C. Belanja Produk Kithcen Set

1. Pilih showroom yang memungkinkan Anda untuk mencoba

Produk dapur itu tidak murah. Jadi sebelum membeli, pastikan untuk mencobanya. Itulah kenapa Anda perlu memilih showroom yang memungkinkan Anda untuk mencoba produk yang akan dibeli.

2. Pastikan showroom memiliki tim konsultasi

Tim konsultasi ini penting dan bisa membantu Anda memilih produk yang sesuai desain dan budget. Karena itu, pastikan showroom yang Anda pilih memiliki tim konsultasi.

3. Pilih showroom dengan pilihan variasi produk dan brand terlengkap

Dengan koleksi brand dan variasi produk banyak, Anda bisa lebih bebas memilih. Karena itu, pilihlah showroom yang koleksinya bervariasi.

 


 

D. Order Produk

1. Pastikan ketersediaan produk

Sebelum memesan, tanyakan ketersediaan produknya terlebih dahulu. Jangan langsung pesan apalagi membayar sebelum produk tersebut dipastikan benar-benar masih tersedia.

2. Pastikan layanan pemasangan

Tanyakan apakah tersedia layanan pemasangan atau tidak. Jadi jika nanti Anda bingung atau sekedar tidak ingin repot, Anda bisa meminta bantuan.

3. Pastikan garansi dan after sales service

Produk dapur itu tidak murah. Karena itu, pastikan ada garansinya dan punya after sales service yang bagus.

 


 

Bagian 6 | Galleria Distributor High End Brand Terlengkap

A. Berkenalan dengan Galleria

Galleria merupakan distributor top class brand untuk sanitary, kitchen, spa dan surfaces yang telah berdiri sejak tahun 1981. Kami menyediakan berbagai high-end sanitary and kitchen brand dan merupakan partner resmi dari brand-brand seperti Kohler, Grohe, Axor, Quadra, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, kami telah menangani beberapa reputable client, perusahaan maupun perorangan. Beberapa diantaranya adalah Agung Sedayu, Intiland, Ciputra, Lippo, Unilever, Eko Patrio, Joko Chandra (Ciputra) dan Agatha Suci.

 


 

B. Alasan Memilih Galleria

1. Showroom Nyaman

Galleria mengutamakan kenyamanan supaya Anda dapat melihat dan mencoba produk secara langsung pada saat mengunjungi showroom kami.

2. Availability

Sebagian besar produk yang ditawarkan Galleria tersedia tanpa perlu inden. Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

3. Big Selection

Di Galleria, Anda memiliki pilihan yang lebih beragam. Kami memiliki variasi produk yang beragam dari berbagai brand ternama.

4. Complete Top Class Brand

Galleria merupakan partner resmi dari berbagai high-end brand terutama untuk produk sanitary, kitchen, spa dan surfaces. Beberapa brand tersebut diantaranya adalah Kohler, Grohe, Axor dan Duravit.

5. Tim Konsultasi Berpengalaman

Galleria akan memastikan Anda ditangani oleh tim berpengalaman ketika melakukan konsultasi produk. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai dengan desain dan budget.

6. Supervisi Instalasi

Galleria memberikan supervisi instalasi untuk membantu mengatasi kekhawatiran Anda terkait pemasangan produk sanitary, spa, kitchen maupun surfaces. Dengan supervisi dari kami, Anda bisa terhindar dari kesalahan pemasangan yang berpotensi merusak produk yang telah Anda beli.

7. Lifetime Service Support

Galleria menjamin segala jenis produk yang Anda beli akan segera ditangani apabila mengalami kendala. Jasa service gratis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.


 

Penutup

Setelah mengetahui langkah-langkah membangun dapur impian, kini Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang. Pastikan setiap detail terkecil tidak lewat dari perhitungan Anda.

Bagaimanapun, dapur adalah jantung dari sebuah rumah. Memastikannya berfungsi dengan baik dan nyaman ketika digunakan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Jika masih ragu, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan kami.

Dapatkan rekomendasi produk terbaik di showroom Galleria

Nikmati Pengalaman Belanja Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *