Artikel

10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Dapur & Membuat Dapur Bersih Terjaga

Menjaga kebersihan dan kesehatan dapur sangat penting untuk memastikan kualitas makanan yang akan dikonsumsi keluarga tersayang. Sebagai salah satu pusat aktivitas di rumah, dapur bersih tak hanya membuat proses memasak lebih menyenangkan, tetapi juga dapat mencegah hal yang tak diharapkan. Perlu kita pahami bersama bahwa dapur tidak terbatas pada estetika, fungsional, dan salah satu ruang vital sebuah keluarga, tetapi juga ada tanggung jawab untuk terus menjaga. 

Hari ini, kita akan mempelajari pentingnya menjaga kesehatan dapur dan cara membuat dapur bersih terpelihara. Artikel ini juga akan memberikan 10 tips praktis untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dapur. Jadi, mari simak sampai akhir.

Jangan Dibiarkan Kotor, Dapur Bersih Tanda Keluarga Terjaga

dapur bersih

Dapur bersih melambangkan kesehatan keluarga yang lebih terjamin. Tak hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan psikis tiap anggotanya. Selain itu, estetika dan fungsional yang sengaja dikonsepkan juga dipastikan selalu terurus.

Percikan minyak di kompor, tumpukan piring kotor, wastafel yang penuh dapat seketika membuat kepala berat. Turut memberatkan hati apabila Anda melihat kondisi tersebut usai melakukan kegiatan luar rumah seharian. 

Kumpulan bakteri juga dapat mencemari bahan pangan di rumah apabila dapur dibiarkan cemong. Tentu siapapun tak ingin hal ini terjadi karena dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti mual, diare, demam atau nyeri otot. Maka dari itu, usai berkreasi di dapur, selalu sisihkan waktu sebentar untuk bersih-bersih.

10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Dapur dan Membuat Dapur Bersih

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat dapur bersih dan sehat. Menurut pengamatan kami, setidaknya ada 10 cara yang dapat Anda lakukan mudah dari dapur tercinta. 

1. Membersihkan Permukaan Dapur Secara Teratur

  • Mengelap Meja dan Permukaan Kerja

Membersihkan meja dan permukaan kerja setelah digunakan sangat penting untuk mencegah kontaminasi bakteri dan kuman. Gunakan produk pembersih yang aman dan efektif, seperti desinfektan ramah lingkungan untuk menjaga higienitas komponen dapur dengan permukaan lebar.

  • Tips Memilih Bahan Permukaan Dapur

Pilihlah material permukaan dapur yang mudah dibersihkan seperti granit, kuarsa, dan stainless steel. Bahan-bahan tersebut tahan lama, tidak mudah tergores, dan tidak menyerap noda, sehingga memudahkan Anda dalam menjaga kebersihannya.

Anda mesti sangat cermat ketika memilih, sebab Anda tentu tidak ingin pilihan material tersebut menjadi tantangan sendiri di kemudian hari. Jika Anda mencari material berkualitas, namun mudah dalam perawatannya, pertimbangkan untuk menggunakan bahan dasar countertop Batu Kintamani dari Quadra. Batu alam satu ini populer bagi mereka yang hendak menambahkan sentuhan alam dan keanggunan pada dekorasi rumah, terutama untuk permukaan kitchen set hingga meja.

Di Galleria Anda dapat menemukan berbagai pilihan bahan permukaan dapur, termasuk marmer, granit, dan sintered stone dari Quadra.

2. Menjaga Kebersihan Wastafel dan Saluran Air

dapur bersih

  • Membersihkan Wastafel

Wastafel adalah salah satu area dapur yang paling sering digunakan dan rentan terjadi kontaminasi silang. Bersihkan wastafel secara menyeluruh setiap hari menggunakan pembersih antibakteri. Pastikan juga untuk membersihkan bagian-bagian yang sering terabaikan seperti keran dan saluran pembuangan.

  • Tips Memilih Bahan Wastafel

Pilih bahan wastafel yang mudah dibersihkan seperti stainless steel, porselen, dan granit komposit. Bahan-bahan ini tahan lama, tidak mudah berkarat, dan tahan noda, sehingga ideal untuk penggunaan sehari-hari di dapur.

Jika Anda hendak mengganti wastafel di dapur, pertimbangkan untuk menggunakan wastafel dari Kohler, Grohe, atau Duravit. Desain dan teknologi yang menyertai akan memberikan pengalaman sanitasi yang nyaman, begitu pula ketika proses perawatan.

Untuk memenuhi pilihan Anda, Galleria menyediakan berbagai pilihan bahan wastafel, termasuk composite sinks, dan stainless steel sinks dari berbagai brand-brand ternama.

  • Merawat Saluran Air

Untuk mencegah penyumbatan saluran air, hindari membuang sisa makanan dan minyak ke dalam wastafel. Selain itu, gunakan produk alami seperti cuka dan baking soda untuk membersihkan saluran air secara berkala. Setelah merawat saluran air dan wastafel dengan benar, dijamin dapur bersih kembali seperti sediakala.

3. Menyimpan Makanan dengan Benar

  • Menggunakan Wadah Kedap Udara

Wadah kedap udara sangat penting untuk menyimpan makanan agar tetap segar dan terhindar dari kontaminasi. Pilih wadah yang berkualitas dan pastikan untuk menutupnya dengan rapat.

  • Labeling dan Tanggal Kedaluwarsa

Memberi label dan mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada makanan dapat membantu Anda menghindari makanan basi dan menjaga kebersihan dapur. Praktik ini juga membantu dalam mengatur stok makanan dengan lebih efisien.

4. Menjaga Kebersihan Kulkas dan Freezer

  • Membersihkan Kulkas Secara Berkala

Membersihkan kulkas secara berkala penting untuk mencegah penumpukan bakteri dan bau tak sedap. Bersihkan bagian dalam kulkas setiap bulan dan buang makanan yang sudah tidak layak konsumsi dengan benar. Lakukan kebiasaan ini secara rutin, maka tidak ada lagi bau bacin hingga busuk di dapur bersih Anda.

  • Mengatur Isi Kulkas dan Freezer

Atur makanan di kulkas dan freezer dengan rapi. Demi memudahkan akses dan mencegah penumpukan yang berlebihan, gunakan sistem “First In, First Out” (FIFO). Konsumsi makanan yang telah lebih lama disimpan, kemudian urutan berikutnya, dan pertahankan pola tersebut untuk seterusnya .

5. Mengelola Sampah Dapur dengan Efektif

  • Memisahkan Sampah Organik dan Non-Organik

Memisahkan sampah organik dan non-organik dapat membantu menjaga kebersihan dapur dan mendukung upaya daur ulang. Sediakan tempat sampah yang berbeda untuk masing-masing jenis sampah.

  • Menggunakan Tempat Sampah yang Tertutup

Tempat sampah yang tertutup mencegah penyebaran bau dan kunjungan serangga. Pilih tempat sampah dengan penutup yang rapat, awet, dan mudah dibersihkan.

6. Menggunakan Alat Pembersih yang Efektif

  • Memilih Alat Pembersih yang Tepat

Pastikan Anda memiliki alat pembersih yang tepat seperti spons, sikat, dan lap mikrofiber. Bersihkan dan ganti alat pembersih secara berkala untuk mencegah penyebaran kuman, serta menjamin kotoran dapat dibasmi dengan sempurna.

  • Produk Pembersih Ramah Lingkungan

Gunakan produk pembersih ramah lingkungan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, mudah digunakan, dan efektif membersihkan dapur.

7. Menjaga Ventilasi dan Kualitas Udara di Dapur

  • Memastikan Sirkulasi Udara yang Baik

Ventilasi yang baik penting untuk menjaga kualitas udara di dapur. Pastikan ada jendela atau ventilasi yang memadai untuk sirkulasi udara yang baik.

  • Menggunakan Penghisap Asap

Jika memungkinkan untuk menambah penghisap asap di dapur, segera pertimbangkan untuk memilikinya. Penghisap asap dapat membantu mengurangi aroma masakan berlebih bahkan asap yang dihasilkan. Pilih penghisap asap yang efisien dan mudah dibersihkan untuk pengalaman memasak yang lebih nyaman.

8. Mencegah dan Mengendalikan Hama di Dapur

  • Cara Mencegah Kehadiran Hama

Mencegah hama masuk ke dapur dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan menutup semua makanan dengan rapat. Gunakan produk alami seperti cuka atau minyak esensial untuk mengusirnya.

  • Menggunakan Jasa Pengendalian Hama

Jika masalah hama tidak dapat diatasi sendiri, gunakan jasa pengendalian hama profesional. Pilih jasa yang terpercaya dan memiliki ulasan positif. Namun, pastikan tetap ada penghuni rumah yang menemani karena mereka pasti butuh bantuan untuk mengenal seluruh bagian agar dapat kembali menjadi dapur bersih seperti sebelumnya.

9. Menjaga Kebersihan Diri saat Memasak

  • Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memasak

Mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak adalah langkah penting untuk mencegah kontaminasi. Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk perlindungan terbaik.

  • Menggunakan Pakaian dan Alat Pelindung

Pakai apron dan sarung tangan saat memasak untuk menjaga kebersihan diri dan mencegah kontaminasi makanan. Gantilah apron dan sarung tangan secara berkala.

10. Ajarkan Anggota Keluarga untuk Aktif Menjaga Kebersihan

  • Beri Contoh dan Tunjukkan Kedisiplinan

Sebelum mengajak seluruh anggota keluarga untuk menjaga dapur bersih dan rapi, berikan contoh dan lakukan hal tersebut secara konsisten di depan mereka. Dengan memberikan teladan, anggota keluarga perlahan-lahan akan termotivasi untuk berpartisipasi. 

  • Libatkan Seluruh Anggota Keluarga

Berikan tugas-tugas yang mudah dilakukan dan jadikan itu sebagai sebuah tanggung jawab yang melekat pada tiap anggota keluarga yang bersangkutan. Bagi dengan adil sesuai usia dan kemampuan. Misalnya, ayah bisa membantu menjaga kebersihan saluran air, sementara anak-anak mengelap permukaan meja.

Temukan Produk Impian Anda di Galleria

Beragam high-end brand dan jaminan after sales service

Kesimpulan

Setelah membaca informasi di atas, saat ini Anda telah memiliki pemahaman yang baik terkait pentingnya menjaga kesehatan dapur dan cara membuat dapur bersih terpelihara.

Menjaga kebersihan dan kesehatan dapur merupakan langkah penting untuk memastikan kesehatan keluarga. Dengan pemahaman yang sudah Anda miliki dan asam garam merawat dapur sebelumnya, tentu Anda kian mahir memastikan santapan keluarga kualitasnya selalu terjaga. 

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan fungsionalitas dapur, Anda bisa mencari produk-produk sanitary dan kitchen dari brand ternama di Galleria dengan mengunjungi showroom terdekat. Dapatkan pengalaman berinteraksi langsung dengan produk papan atas nan berkualitas.  Temukan produk sesuai pilihan dengan bantuan tim kami yang ahli. 

Jelajahi showroom Galleria terdekat yang dapat Anda cek lokasi lengkapnya di sini. Untuk terhubung dengan customer service kami, silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *